PROPOSAL SD

 Kondisi yang diharapkan 1 tahun kedepan

Adanya tes kemampuan ICT, test kesehatan phisiko tes, wawancara orang tua.

1 kelas 24-28;orang tidak diperhatikan nilai ARPS, RKAS, LAB, RKM lengkap (sedang dikerjakan) 

Shcool Board lengkap, Wakasek 

kurikulum, Sarpras, humas, kasiswaan, komite, 

A. Seragam siswa Senin-selasa. Rabu-kamis Lokal jum'at pramuka, Senin - kamis Rompi&dasi (seluruhnya) B. Seragam Guru lengkap (dilanjutkan) 

C. Seragam karyawan lengkap (diusahakan)

Lingkungan sekolah

(Clean and Green)

Bebas rokok, narkoba kekerasan, pornografi, pornoaksi. Budaya disiplin, baca, tulis malu, berprestasi, bersaing



Pembiayaan dari sekolah tidak ada besarnya biaya tes di tanggung orang tua murid.

Besarnya administrasi yang harus dipenuhi sebagai bukti fisiknya anggaran terlalu kecil sulit pendanaan terbatas

Dana terbatas pendanaan sulit tenaga pegawai terbatas

........






BAB 3 RENCANA STRATEGIS

A. VISI

Terwujudnya generasi Rabbani yang sholeh, cerdas, mandiri, berprestasi, dan pelopor masa depan.

MISI

1. Membekali santri dengan akidah yang kuat disertai akhlak yang mulia  (akhlakul karimah)

2. Mengoptimalkan potensi kecerdasan dan kreativitas sesuai bakat dan minat masing-masing.

3. Membekali santri untuk terbiasa salat berjamaah dan menunjuk salah satu dari mereka untuk menjadi imam

4. Membiasakan santri menjadikan Alquran bacaan yang ringan dalam kehidupan sehari-hari

5. Membekali santri dengan membiasakan berbagi atau bersedekah dan menjadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.



C. Tujuan sekolah

Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan kepribadian akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka tujuan sekolah dasar tahfidz semai benih bangsa sebagai berikut:

1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;

2. Meraih prestasi akademik maupun non-akademik minimal tingkat kota;

3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;

4. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar,

5. Menjadi sekolah yang diminati masyarakat

D. SASARAN SEKOLAH

Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan maka perlu dipilih sasaran yang tepat agar tercapai and tujuan tercapai efektif. Berikut sasaran sekolah:

1. Memberikan pembinaan secara rutin kepada guru-guru sehingga dapat melaksanakan program-program yang telah dirancang serta dapat melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, mantap dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan

2. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut serta budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.

3. Mengadakan supervisi kepada guru-guru secara rutin dalam bentuk administrasi kelas maupun kegiatan pembelajaran

4. Memberikan rasa tanggung jawab kepada guru-guru dalam mengatur kelas maupun pengelola pengelolaan kelas

5. Memberikan pembinaan kepada semua warga sekolah untuk selalu disiplin dalam segala hal termasuk tata krama

6. Mengadakan kerjasama yang harmonis dan transparan di dalam pengelolaan sekolah terhadap komite, tokoh masyarakat, warga negara, dan pemerintah

7. Mengadakan kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

E. INDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI YANG DIPERLUKAN SETIAP SASARAN

Fungsi-fungsi yang berlaku dalam setiap sasaran adalah:

1. Untuk melakukan pembinaan terhadap guru secara rutin diperlukan fungsi supervisi kepala sekolah yang dilaksanakan secara konsisten

2. Untuk memastikan segenap komponen sekolah telah dilakukan penghayatan terhadap ajaran agama maka melalui kegiatan keagamaan berupa acara dan upacara agama secara rutin.

3. Untuk memastikan guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan administrasi

F. ANALISASI SWOT

Berdasarkan besarnya tantangan nyata pada tabel diatas maka berikut di kemukakan analisasi Swot untuk dapat menggambarkan kesiapan sekolah dalam menghadapi tantangan nyata tersebut.

BAB IV. PENUTUP

A. SIMPULAN


8 standar pendidikan wajib dilaksanakan di sekolah. Untuk efektifnya pelaksanaan 8 standar pendidikan di nama sekolah SD Islam plus Al Madinah maka diperlukan RKJM ( rencana kerja jangka menengah) tahun 2020 - 2023. Rkjm bertujuan memberikan arah pelaksanaan untuk terjaminnya mutu pendidikan di nama sekolah SD Islam plus Al Madinah. Adapun lingkup rkjm terdiri atas :

1. maksud dan tujuan 

2. kerangka penyusunan

3 sistematika penulisan

4 kondisi umum nama sekolah SD Islam semai benih bangsa 

5 rencana strategis

6 visi atau misi

7 tujuan sekolah

8 sasaran

9 identifikasi fungsi-fungsi yang diperlukan

10 analisis sword

11 alternatif pemecahan masalah

12 penyusunan program peningkatan mutu

13 jadwal kegiatan

14 kesimpulan dan saran


B. SARAN

RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun dalam waktu yang sangat singkat. sudah pasti isinya sangat jauh dari harapan. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan guna sempurnanya rkjm ini. Untuk pemangku kepentingan, disarankan memberikan pelatihan-pelatihan dalam penyusunan RKJM

DAFTARPUSTAKA

Presiden republik Indonesia, 2003. Undang-undang no 20 tentang sistem pendidikan nasional

Presiden republik Indonesia, 2005 peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan

Mendiknas 2006 Permendiknas no 22 tahun 2006 tentang standar isi

Mendiknas 2007 Mendiknas no 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan

Mendiknas 2007 Mendiknas no 20 tahun 2007 tentang standar penilaian

Mendiknas 2006 Permendiknas no 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan

Mendiknas 2007 Permendiknas no 40 tahun 2007 tentang standar proses

Mendiknas 2007 Permendiknas no 24 tahun 2009 tentang standar pembiayaan

Mendiknas 2006 Permendiknas no 69 tahun 2009 tentang standar pembiayaan

Mendiknas 2010 Permendiknas no 15 tahun 2010 tentang standar pelayanan minimal

Mendiknas 2009 diknas no 78 tahun 2009 tentang sekolah berstandar internasional

Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa 2010 pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa kementerian pendidikan nasional badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum 2010

LAMPIRAN

Lampiran 1 surat keputusan kepala sekolah pembagian tugas guru

Lampiran 2 surat keputusan kepala sekolah tim pengembang sekolah...




Comments